Melestarikan Budaya Jawa, Melalui Resepsi Pengantin, PKL Permadani Tuban Bergada IX Tahun 2019

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pawiyatan Pranatacara Tuwin Pamedarsabda PERMADANI Tuban Bergada IX Tahun 2019 pada tanggal 27 Januari 2019 di Pendapa Desa Prunggahan Kulon Semanding Tuban
(Permadani Tuban PKL)

Kaktowo.com. Tanah Jawa merupakan salah satu daerah yang banyak mengandung nilai-nilai budaya. Khususnya budaya jawa itu sendiri. Ada yang bilang budaya jawa itu budaya yang sangat adiluhung, memang demikian. Akhir-akhir ini generasi penerus atau kawula muda sudah sangat asing dengan budayanya sendiri, namun itu tidak berlaku bagi para pecinta budaya di Tuban Bumi Wali yang tercinta ini.

Sudah berjalan, bahkan sudah mencapai angkatan yang ke IX pada tahun 2019. Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau disingkat PERMADANI adalah sebuah naungan bertaraf nasional yang berkantor pusat di Kota Semarang Jawa Tengah. Yang memayungi masyarakat dalam menggali potensi budaya-budaya di daerah tertentu. 

Dalam hal ini di Kabupaten Tuban, Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau disingkat PERMADANI menggali serta menyelenggarakan Pawiyatan Pranatacra Tuwin Pamedarsabda yang ke sembilan pada tiap tahunnya atau sering disebut oleh siswa yaitu kursus MC Resepsi Manten dan Pidato dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Pada kurikulum yang diajarkan, sangat banyak sekali materi yang akan diajarkan pada para siswa. Diantaranya
  1. Renggeping wicara (narasi MC Manten dengan menggunakan bahasa jawa krama inggil baik adat jogjakarta hadiningrat ataupun surakrata hadiningrat).
  2. Ngadi Sarira Ngedi Busana (belajar bebusana jawa dengan lengkap serta makna dan filosofi yang terkandung dalam busana jawa, baik adat jogjakarta hadiningrat ataupun surakarta hadiningrat)
  3. Sekar Gending (mempelajari tembang jawa beserta alat musik atau gamelan serta makna dan filosofi yang terkandung dalam gamelan tersebut)
  4. Paduwungan (mempelajari dunia keris atau tosan aji, sejarahnya, modelnya dan asal-muasalnya)
  5. Adat Istiadat dan Tatacara Jawi (mempelajari adat istiadat dan tatacara jawa baik dari lokal maupun adat jogjakarta hadiningrat ataupun surakarta hadiningrat)

Selain yang tersebut lima diatas masih banyak lagi yang lainnya. Dalam pendidikan ini biasanya ditempuh kurang lebih tujuh bulan. Dalam muatan kurikulum 40 % materi dan 60 % praktek. Seperti pada foto diatas adalah seluruh siswa setelah melaksankan Praktek Kerja Lapangan Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesi Tuban anggkatan ke sembilan tahun 2019.

Biasanya kalo resepsi atau mantenan sering kita menyaksikan urut-urtan resepsi adat pengantin yang di pandu oleh pranatacara atau MC Manten. Nhah itulah kurang lebihnya, namun kadangkala sering disingkat karena kondisional waktu serta keadaan. Namun tidak mengurangi rasa sakral adat-istiadat jawa dalam hal ini Resepsi Pengantin Adat Jawa.

Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau disingkat PERMADANI mempunyai tiga slogan budaya yaitu, "Nduduk, Ndudah lan Ngrembakaake Budaya Luhur Tetilarane Para Leluhur" maksudnya adalah menggali, memaparkan serta melestarikan budaya jawa tinggalan para pendahulu yang terhormat.

Selain tiga slogan budaya juga ada Triniti Yagya yaitu "Rukun Banda, Rukun Rasa, Rukun Bala". mengandung maksud bahwa seluruh warag PERMADANI senantiasa mengutamakan kerukunan tau saling sumbangsih dalam mebantu pendanaan, ikut mersakan keluh kesah warga PERMADANI lainnya serta menjadi teman yang baik dalam hal kebiakna, tentunya.

Selamat buat saudaraku calon warga baru Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau disingkat PERMADANI. Semoga pada ujian nanti lulus semua dan dapat mengikuti Wisuda Purna Wiyata Pawiyatan Pranatacara Tuwin Pamedarsabda PERMADNI Kabupten Tuban Bergada IX Tahun 2019.

Demikian sedikit pengetahun tentang Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau disingkat PERMADANI. Smeoga para abdi budaya senantiasa diberi keshatan oleh Allah. Kalo bukan kta yang mencintai budaya, siapa lagi.

Permadani Tuban PKL 2019


Permadani Tuban PKL 2019

Permadani Tuban PKL 2019

Permadani Tuban PKL 2019

Permadani Tuban PKL 2019

Permadani Tuban PKL 2019


Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)