Ber Email Yang Baik Menurut Masbek.id


Email atau electronic mail adalah surat elektronik yang saat ini sudah bisa di bilang hampir semua pengguna internet memilikinya. Menggantikan teknis surat menyurat konvensional yang menggunakan media kertas. Email memiliki fungsi yang sama yaitu menyampaikan pesan atau informasi seperti halnya kantor pos. Selain itu email juga digunakan salah satu syarat untuk punya akun pada internet.

Dengan adanya email jauh serasa dekat khususnya dalam mengirim surat, dokumen atau apapun yang berupa perangkat lunak. Walaupun email sebagai alternatif dalam surat menyurat bahkan diutamakan, maka jangan sampai melupakan atau mengabaikan teman - teman kita yang masih menggunakan surat manual.

Tentunya dalam mengirim email atau surat elektronik tidak berhubungan dengan jasa manusia, namun demikian juga perlu di perhatikan hal - hal berikut :

Ini sebagian etika beremail menurut Masbek.id
  1. Mengisi subjek email dengan jelas agar penerima email bisa mengetahui tentang email yang di terimanya ( jangan kosongan subjeknya). Untuk Subjek ini perlu penting sekali karena untuk memudahkan dalam pencarian di inbox ketika usia email sudah lama.
  2. Adanya kata-kata opening /sapaan, Paling tidak di dalam isi email ada kata-kata opening misal ” Dear mas/pak atau mas bro “.
  3. Isi email – pastinya harus ada ya untuk ini agar si pembaca mengerti akan email yang di terimanya.
  4. Sertakan kontak di akhir email, gunanya ketika pembaca memerlukan informasi penulis maka tinggal langsung mengkontak dari informasi di akhir email.
  5. Attachment / lampiran, untuk lampiran ini usahakan file name nya di ganti yang jelas dan mudah di pahami. agar tidak menimbulkan kecurigaan bahwa itu adalah attachment jebakan.
Nah santun bukan? jelas santun donk... Mungkin boleh ditambahi bagi rekan-rekan yang baca tips ini.

Pada situsnya masbek.id sobat bisa temukan berbagai ilmu deh pokoknya, apalagi tentang domain dan hosting, dijamin lengkap. Jangan lupa ya... klik masbek.id.

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Masbek sangat inspiratif dengan artikel dan pengalaman dalam mencoba sesuatu dalam dunia IT

    BalasHapus
  2. Nah itu masalahnya saya sering lupa mengisi subyek, dan sapaan pembuka itu hal penting demi sopan santun.

    BalasHapus
  3. Halo Kak Towo,

    Lama nggak mampir kesini, semakin bagus blognya, tulisannya juga. Good job! Semoga semakin jaya blogger-blogger Tuban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak nur....atas inspirasinya....

      Hapus
  4. Bener juga yang disampaikan, saya selalu lupa menaruh kontak di akhir email.
    Satu lagi ilmu yang bermanfaat saya dapatkan. Trimakasih mas towo.

    BalasHapus
  5. Mengisi subyek dalam berkirim email itu juga sering saya abaikan. Dan saat berkunjung ke blognya mas Bek, ternyata ada etika berkirim email. Makanya agar saya tak lupa, saya pun mngulas kembali di blogku, etika berkirim email yang dibagika mas Bek.
    Eh, ndak taunya Kak Towo juga udah mengulasnya terlebih dahulu. 😀😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.......jaya selalu blogger tuban, maksih om djacka

      Hapus